5 Hal yang Harus di Lakukan untuk Perawatan Rumah

Tuesday, 24 November 2020

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
desain, rumah,rumah, rumah minimalis, gaya rumah, tempat tinggal,
Sebagai tempat tinggal, rumah menjadi salah satu hal berharga yang perlu kita jaga. Memiliki sebuah rumah, bukan berarti hanya kita gunakan untuk beristirahat atau tempat berkumpul keluarga saja, tetapi kita juga harus memberikan perawatan rumah secara berkala.
Sumber: pexels.com

Perawatan rumah dapat meliputi pembersihan, pemeriksaan, hingga perbaikan bangunan rumah dengan tujuan agar kita tetap merasakan kebersihan di rumah setiap hari, serta kualitas dan keindahan rumah tetap terjaga dalam waktu yang lama.

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk merawat rumah Anda:

1. Membersihkan Rumah Setiap Hari

Sumber: unsplash.com

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ialah membersihkan rumah dengan cara menyapu dan mengepel setiap hari. Cara ini dilakukan untuk menjaga lantai tetap bersih dan mengkilap.

Hindari cairan pembersih lantai yang mengandung bahan kimia terlalu keras, mengapa? Karena kandungan bahan kimia yang terlalu keras dapat merusak nat keramik dan dapat menyebabkan kebocoran.

2. Perhatikan Ruangan yang Lembab

Jika memiliki ruangan yang lembab di dalam rumah, segera buat ventilasi udara seperti jendela jika memungkinkan. “tapi ruangan saya tidak Anda celah untuk pembuatan jendela”, tenang saja, Anda tetap dapat memberikan ventilasi udara di celah atas pintu, atau dapat juga memberikan exhaust fan di ruangan tersebut untuk mengurangi serta mengeluarkan udara yang lembab melalui plafon diatas.

Sumber: pexels.com

3. Lakukan Pengecatan pada Dinding yang Memudar

Sumber: pexels.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seiring berjalannya waktu, warna cat pada dinding rumah akan semakin memudar, terutama cat pada bagian luar rumah yang mengalami perubahan cuaca. Untuk itu, anda harus melakukan pengecetan ulang agar rumah kembali terlihat seperti baru.

Sebelum melakukan pengecetan ulang, perhatikan permukaan dinding terlebih dahulu. Jika terdapat keretakan, baiknya di rapihkan dulu.

4. Ganti gorden dan karpet

Gorden dan karpet yang telah digunakan dalam waktu yang lama, dapat membuat keduanya diselimuti oleh debu atau kotoran lainnya. Oleh karena itu, segera ganti dengan gorden dan karpet lainnya.

5. Perhatikan Dak Beton untuk Tandon Air

Sumber: mpoin.com

Pada umumnya, banyak orang yang meletakkan tandon atau tangki air pada dak beton rumah mereka. Posisi tandon air yang berada diatas rumah, dapat menyulitkan mereka yang tidak menggunakan alat pengisian air secara otomatis, karena mereka harus memperkirakan waktu yang dibutuhkan sampai tandon terisi penuh. Tidak jarang, pengisian air dilakukan sampai meluber.

Jika hal tersebut sering terjadi, segera lapiskan dak beton Anda dengan  pelapis anti bocor sehingga dapat menahan tekanan air, sehingga Anda dapat mengatasi kebocoran yang terjadi pada dak beton Anda. Selain itu, bersihkan bagian dalam tandon air dari lumut yang menempel.

Semoga info dari Tim Jagomaterial ini bermanfaat, selamat merawat rumah!

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tentang Author