5 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas, Harus Tahu!

Tuesday, 3 November 2020

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
rumah, rumah minimalis, rumah second, rumah bekas, hunian

rumah, rumah minimalis, rumah second, rumah bekas, hunianMembeli rumah bekas memang bisa menjadi alternatif memenuhi  hunian. Membeli rumah bekas ternyata cukup menguntungkan, karena selain harga yang lebih terjangkau dan terbebas dari pajak pertambahan nilai (PPN). Inilah tips yang mungkin bisa Anda terapkan sebelum membeli rumah bekas:

5 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas

1. Mengecek harga rumah di pasaran

Sebelum membeli rumah bekas, Ada baiknya Anda mengecek berapa harga rumah pasaran di suatu tempat/daerah. Sehingga Anda mempunyai patokan dalam tawar-menawar rumah.

2. Membeli rumah tanpa perantara

Anda bisa bertanya langsung tentang berbagai hal berkaitan dengan rumah kepada penjual, seperti awal dibangun, lingkungan di sekitarnya, alasan mau dijual dan lain sebagainya. Keuntungan lainnya, Anda bisa negosiasi, sehingga harga rumah bekas yang Anda inginkan di dapatkan lebih murah.

3. Tahu usia bangunan rumah

Usia bangunan cukup mempengaruhi harga rumah. Bila rumah kurang dari 10 tahun terbilang baru, usia 10 hingga 20 tahun tergolong sedang dan usia bangunan lebih dari 20 tahun termasuk bangunan tua dan mungkin harganya akan lebih murah namun Anda mungkin akan sedikit melakukan renovasi.

4. Mencermati lingkungan di sekitar rumah

Lingkungan harus diperhatikan, sehingga bisa nyaman dan aman ketika tinggal di rumah tersebut. Akses jalan, jalanan, taman bermain dan lainnya resapan tanahnya untuk menghindari banjir.

5. Kelengkapan legalitas

Cermati sertifikat rumah atau SHM, sertifikat IMB, bukti pembayaran pajak PBB dan lain sebagainya. Hindari rumah-rumah yang tidak mempunyai surat-surat atau keterangan rumah karena mungkin akan menimbulkan permasalahan di lain harinya.

Sekian tips dari Tim Jagomaterial semoga dapat membantu dan Anda akan mendapatkan rumah idaman Anda untuk keluarga.

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tentang Author