Mengatasi Dinding Rumah Yang Bocor Saat Musim Hujan

Sunday, 8 November 2020

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
rumah, musim hujan, hujan, bocor, dinding

Musim hujan sudah tagi tiba. Banjir, atap bocor, dinding rembes seringkali menjadi masalah yang tidak dapat kita hindari. Hal yang paling sering dilihat di lapangan adalah dinding rembes karena tak hanya merusak estetika, dinding rembes juga membuat cat dinding dan furniture kita rusak.

rumah, musim hujan, hujan, bocor, dinding

Pernah mengalami? Jika iya, berikut tips singkat dari kami yang bisa Anda jadikan solusi jitu untuk mengatasinya. Silakan disimak.

Cari Tahu Penyebabnya

Dinding yang rembes mempunyai banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satu diantaranya adalah kelebaban yang tinggi pada sekitar dinding rumah Anda. Kelembaban ini biasanya ada karena ruang tersebut dikelilingi area yang basah atau berarir. Sebagai contoh, kamar mandi.

Di musim penghujan, pada umumnya dinding rembes terjadi karena adanya dag beton atau talang air yang bocor, yang mengakibatkan air masih ke celah-celah dinding rumah Anda.

Cara Mengatasi Dinding Rembes

Air yang merembes pada dinding rumah, pasti akan mencari tempat keluar. So solusi yang bisa kami rekomendasikan adalah melapisi dinding rumah Anda dengan Waterproof. Selesai? Belum, karena air yang kita bendung dengan Waterproof tersebut akan terus bergerak, mengalir ke tempat lain yang bisa jadi akan memperlebar rembesan.

Jadi cara tebijak untuk mengatasinya adalah mencari tahu sumber rembesan pada dinding rumah Anda yang mungkin berasal dari dinding luar atau dinding yang secara langsung berhubungan dengan air.

CLUE

  • Jika rembesan yang ada pada dinding berasal dari retakan dinding, tutuplah retakan tersebut dengan semen instan – mortar
  • Jika retakan terletak pada dag beton atap rumah Anda, tambahlah dengan acian atau semen grouting tepat pada titik terjadinya retakan

Tindakan Pencegahan Dinding Rembes

rumah, musim hujan, hujan, bocor, dinding

Kurang pas rasanya jika kita hanya membahas pada solusi mengatasi dinding rembes tanpa sebuah bahasan yang mengupas cara pencegahan diding rumah yang rembes. Berikut yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan:

  1. Gunakanlah komposisi campuran semen yang pas untuk dinding Anda. Sekedar saran, pakailah semen waterproof dalam proses pembuatannya.
  2. Langkah selanjutnya adalah menambahkan lapisan pada dinding yang berpotensi kemasukan air. Semisal: perbatasan antara dinding dengan atap, celah finishing batu alam dan beberapa tempat lainnya.

Beres! Musim penghujan sudah datang, saatnya berbenah!

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tentang Author